GENDOLA

GENDOLA
(Basella rubra Linn.)


Sinonim : Basella alba, Linn. Basella cordifolia, Lamk.
Familia : Basellaceae
Nama Lokal : Genjerot, Gedrek, Uci-uci (Jawa), Gandola (Sunda), Gendola (Bali), Lembayung (Minangkabau), Kandula (Madura). Tatabuwe (Sulut), Poiloo (Gorontalo), Kandola (Timor).
Nama Asing : Lo Kuei (China)

Uraian :
Gendola dapat ditemukan tumbuh liar, kadang ditanam untuk dirambatkan pada pagar, atau pergola sebagai tanaman hias. Tanaman ini dapat ditemukan dari 1-500 m dpl. Tanaman melilit kekiri, tumbuh merayap atau memanjat, panjang sampai 6 m. Batangnya yang panjang ini tidak berkayu dan sangat lemah, bentuknya bulat, lunak, bercabang, merayap dan melilit pada tonggak atau para-para. Batang yang merayap diatas tanah, akan mengeluarkan akar. Daun tunggal, bertangkai, letak berseling. Bentuk daun bulat telur, ujung dan pangkal tumpul, tepi rata kadang berombak, panjang 2-17 cm, lebar 1-13 cm, pertulangan menyirip, warnanya hijau. Bunganya bunga majemuk yang keluar dari ketiak daun, duduk sepanjang poros bulir, panjang 3-21 cm, mahkota putih dengan ujung ungu. Buahnya buah buni, bulat, diameter 4-7 mm, masih muda hijau, setelah masak warnanya menjadi ungu. Bijinya satu, bulat, keras, warnanya merah keputihan. Ada dua warna Gendola, putih dan merah. Perbedaanya pada warna batang dan tulang daun. Gendola merah, memiliki batang dan tulang daun yang berwarna merah. Daunnya dapat disayur, sedang buahnya bila diperas mengeluarkan warna merah yang dapat digunakan untuk mewarnai bahan makanan. Perbanyakan dengan stek batang atau biji.

Kandungan kimia :
Daun : Glucan c, carotene, organic acid, dan mucopolysacharida seperti L-arabinose, D-galactose, L-rhamnose dan aldonic acid. Juga mengandung saponin, vitamin A, B dan C.
Sifat Kimiawi dan efek farmakologi : Menghilangkan panas dalam, racun dan mengeluarkan organisme penyebab sakit dari darah.

Penyakit yang dapat diobati dan Cara Pemakaian:
§         Dada Sesak dan Panas
70 gr gendola segar direbus dengan air secukupnya sampai kental. Campur dengan arak. Minum.
§         Influenza
15 gr daun segar dicuci bersih, rebus dengan 2 gelas air bersih sampai tesisa 1 gelas, setelah dingin disaring, tambahkan sedikit garam dan diaduk sampai larut. Diminum.
§         Radang Usus Buntu
Seluruh tanaman gondola sebanyak 60-70 gr dicuci bersih, dipotong-potong. Lalu direbus dengan air bersih secukupnya sampai bahan terendam seluruhnya. Setelah airnya tersisa setengah, angkat dan dinginkan lalu diminum.
§         Sembelit
Daun segar dimasak, dimakan.