ILER-ILER

ILER-ILER
(Coleus scutellarioides, Linn,Benth)


Sinonim : Coleus Atropurpureus, Benth; C. Blumei, Benth; C. Ingratus, Benth; C. Laciniatus, Benth; C. Hybridus, Hort; Plectranthus Scutellariodes, (Linn.), Benth.
Familia : Labiatea
Nama Lokal : Iler (Indonesia), Kentangan (Jawa), Jawer Kotok (Sunda)

Uraian :
Morfologi Iler: Batang : Batang herba ini tegak dan merayap dengan tinggi batang pohonnya berkisar 30 - 150 cm, mempunyai penampung batang berbentuk segi empat dan termasuk katagori tumbuhan basah yang batangnya mudah patah. Daun : Berbentuk hati dan pada setiap tepiannya dihiasi oleh jorong-jorong atau lekuk-lekuk tipis yang bersambungan dan didukung oleh tangkai daun dan memiliki warna yang beraneka ragam. Bunga : Berbentuk untaian bunga bersusun, bunganya muncul pada pucuk tangkai batang. Syarat Tumbuh : Iler dapat tumbuh subur didaerah dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut (dpl). Iler bisa didapat disekitar sungai atau pematang sawah dan tepi-tepi jalan pedesaan sebagai tumbuhan liar.

Komposisi dan Kandungan kimia : Iler mempunyai komposisi kandungan senyawa kimia yang bermanfaat antara lain : Alkaloid-etil, Salisilat-metil, Eugenol-timol-karvakrol–mineral.
Bagian yang digunakan : Seluruh bagian tumbuhan (daun, batang, bunga, akar)

Penyakit yang dapat diobati dan Cara Penggunaan :
o        Ambeien
17 lembar daun iler, 7 lembar daun ngokilo dan 3 rimpang umbi kunyit (3 cm) direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih, lalu diminum, 1 kali sehari 1 gelas.
o        Diabetes melitus
Tumbuhan Iler lengkap (batang, daun, bunga), Adas pulawaras secukupnya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, lalu diminum 2 kali sehari ½ gelas, pagi dan sore.
o        Demam dan sembelit
1 potong daun dan batang iler direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari ½ gelas.
o        Sakit perut
3 potong akar iler direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, hingga tinggal 1 gelas. Diminum pagi dan sore.
o        Terlambat datang bulan
Daun Iler secukupnya direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, hingga tinggal 1 gelas. Diminum menjelang tanggal bulan haid.
o        Bisul
Daun iler secukupnya diolesi minyak kelapa dan kemudian dipanggang, setelah itu, dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian yang berbisul.